Kenangan, Menata Rasa Sepanjang Jalan

The moment one gives close attention to anything,
even a blade of grass, it becomes a mysterious,
awesome, indescribably magnificent world in itself.
– Henry Miller –

IMG20180131200612

Cerita perjalanan mempersempahkan ragam rasa, demikian kiranya ungkapan kehadiran rasa yang diri terima saat memasuki tempat bernama warung MJS. Berbuncah rasa kala diri hadir dalam sebuah pertemuan di ruang penuh kenangan.

Warung MJS, pemiliknya Bapak Wimbo Hardjito, pribadi yang penuh kharisma, low profile, kesederhanaan sikapnya memancarkan kearifan. Pria yang berada di balik perubahan besar sebuah perusahaan negara yang menangani transportasi massa yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, apa lagi kalau bukan PT KAI, beliau seorang pensiunan yang telah menunaikan tugasnya, “Transportasi dari dampak transformasi pribadi, Masyarakat dan Organisasi (KAI)”, dan kini aktif dalam perannya sebagai seorang Coach, dalam tradisional jawa disebut Pamong.

Ruang pertemuan penuh kenangan, demikian diri merasakan kehadiran rasa yang penuh momen demi momen dari perjalanan Kak Wimbo, demikian kami menyebutnya dalam aktifitas di Asosiasi Profesional Coach Loop Indonesia (APCLI). Cerita yang demikian renyah hadir saat berbagi kisah tentang Warung MJS yang tahun ini genap 10 tahun berdiri. Tempatnya luas, saat diri hadir hampir seluruh meja terisi tamu. Beragam pernak-perik, dari perjalanan beliau ke berbagai tempat di banyak negara. Dan saat menceritakan ornamen demi ornamen, berupa barang kenangan yang terpajang, disampaikannya dengan penuh makna dalam kesederhanaan kata yang terungkap dalam kearifan. Dari mulai ragam topi yang beliau beli dari berbagai tempat untuk sang putra, topi yang biasanya tidak dijual di tempat lain. Selalu membeli dua, satu untuk sang putra, satu disimpan untuk kenangan. Boneka pinokio, dari Italia, plat nama jalan baik berupa stiker, hingga barang keluarga di sudut ruang bagian belakang dan beragam barang lainnya.

“Makan enak, rerut kenyang, pulang bawa kenangan”, dari tagline yang diusung, yaitu memberikan pengalaman spesial dalam saat makan di warung MJS, yang menjadi ciri khas, suasana romansa yang hadir dari keapikan tata ruang, yang ditata tanpa arsitek khusus, hanya berlandaskan rasa sang pemilik, tersedia pula beragam suguhan gratis, dari mulai welcome drink, berupa minuman tradisional, kerupuk di meja makan, hingga alunan musik tradisional yang disediakan untuk tamu yang hadir . Prinsip warung yang tidak pernah menyuruh tamunya pulang, meski hingga jam berapa pun mereka duduk di sana. Suatu hal berbeda dari banyak tempat, yang biasanya menyuruh pulang tamu, manakala sudah waktunya tutup. Warung MJS yang tidak pernah menutup mesti tak tampak tulisan – dibuka 24 jam.

Ada begitu banyak hal tidak menyenangkan dalam perjalanan menjalani kehidupan, “Hidup tidak mudah dan seringkali menjumpai hal-hal yang tidak menyenangkan, inilah yang memotivasi dan mendasari saya memberikan pengalaman yang sebaliknya bagi para tamu yang hadir”, demikian ungkap beliau. Kearifan yang menghadirkan Keselarasan, bagai Yin-Yang yang menjadikan dunia hadir selaras makna apa adanya. Ketidakselarasan yang diterima Kak Wimbo untuk kemudian dalam kearifan sikapnya beliau menghadirkan keselarasan

Terima kasih untuk seluruh kehadiran rasa yang hadir selaras makna, terima kasih untuk cerita perjalanan, terima kasih untuk keramahan, terima kasih untuk makanan enak yang disuguhkan. Terima kasih untuk kearifan diri yang menyapa diri dan memberi makna.

Ungkapan rasa dari ruang penuh makna,

Warung MJS
Jl. Setia Budi Tengah No.11, RT.1/RW.1, Setia Budi, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910
(021) 5252605
http://warungmjs.com/

Salam,

Self reflection
Belajar merasa_mindful

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s