LIFE COACHING, Upaya pengembangan diri membangun kualitas hidup berdasarkan potensi diri

“Coaching is partnering with clients in a throught-provoking and creative process that inspires them to maximize their personal and profesional potential”  

( International Coaching Federation, ICF )

life-coaching

Coaching telah semakin dikenal sebagai salah satu metoda dalam mengembangkan diri. Upaya pengembangan diri, masih lebih sering dikaitkan dengan peningkatan performa dalam dunia pekerjaan atau profesional. Hal ini dapat dimaklumi karena terkait dengan nilai investasi yang dibutuhkan dalam mengikuti program coaching.  Hmm, .. merenung sejenak tentang coaching dari sudut yang berbeda.

What is coachinga throught-provoking and creative process, metoda memprovokasi pikiran dan proses kreatif.

What is outcome of coaching ? to maximize their personal and profesional potential, untuk mengoptimalkan potensi personal dan profesional mereka.

Jika menelaah ke dalam diri, seberapa penting diri anda ? …..

Apa hasil yang diharapkan dari pengembangan aspek potensi profesional anda ? …..

Apa hasil yang diharapkan dari pengembangan aspek potensi personal anda ? …..

Dalam dunia yang semakin berkembang dengan segala kemajemukan,  kebutuhan hidup yang semakin besar pula, persaingan hidup atau daya juang menjadi semakin besar apalagi di negara-negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar. Semakin dimaklumi bahwa aspek profesional menjadi prioritas untuk meningkatkan penghasilan guna menopang kebutuhan hidup.

Jika menelaah ke dalam diri, bagaimana anda menilai aspek personal diri anda ? ….

Bagaimana anda memberikan perhatian kepada aspek personal anda ? ….

Bagaimana anda memenuhi kebutuhan aspek personal anda ? ….

Manusia adalah makhluk pembelajar, sejak dalam kandungan, bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa, hingga memasuki hari tua.  Dalam upaya melakukan pengembangan diri, terutama pada masa dewasa, dimana pemikiran menjadi sedemikian berkembang dalam rangka mengarahkan kehidupan diri guna mencapai kualitas hidup yang diharapkan, dibutuhkan pengembangan baik aspek-aspek personal dan profesional yang lebih proporsional dan seimbang.

LIFE COACHING,

 Life Coaching merupakan cabang kompetensi coaching yang berkonsentrasi pada area kehidupan atau kualitas hidup  dengan pengembangan pada aspek-aspek personal.  Kesadaran terhadap nilai diri, personal value, dalam upaya membangun kemampuan individu menjalani kehidupan. Upaya provokasi pikiran dan proses kreatif dalam life coaching, tidak hanya menggali  pikiran sadar semata, namun juga kesadaran akan diri secara komprehensif, atau menyeluruh. Pengenalan diri secara komprehensif sebagai manusia, nilai-nilai diri yang merupakan cerminan diri sejati, batin yang terdiri dari pikiran dan perasaan, serta kesadaran material diri berupa fisik sebagai manusia dengan segala kompleksitas proses fisik dan energi di dalamnya. Diri ,  SELF, tidak lagi sempit berupa label hidup yang menempel sebagai identitas yang dikenal karena peran sosial dalam masyarakat semata. Diri, SELF, yang sesungguhnya, sebagai karakter, kemauan, sifat alami, minat atau passion , yang merupakan pemenuhan sebagai manusia.

Pemikiran tentang siapa diri, bagaimana diri, dimana diri saat ini dan mau kemana diri akan berkembang, digali dengan keseluruhan sumber-sumber yang berada di dalam dirinya. Pencapaian yang diharapkan tidak lagi pada penilaian pihak luar, namun sungguh-sungguh apa yang menjadi nilai dan keinginan diri. Motivasi yang berasal dari dalam diri akan mendorong diri yang bersangkutan menggali potensi diri untuk menjadi pribadi yang berkembang.

Kemampuan individu menjalani kehidupan, terutama dirasakan pada saat kapasitas personal dibutuhkan untuk membuat diri bergerak lebih, sebagai contoh :

  • Pada saat seorang menderita penyakit menahun dan membutuhkan kemampuan hidup berdamai dengan keadaan yang dialaminya,
  • Pada saat seorang individu merasa berjalan ditempat meski dirasa telah melakukan banyak usaha untuk berkembang,
  • Pada saat seorang individu menemukan pertanyaan atau tuntutan kepada diri untuk dapat menjalani hidup yang lebih ramah sesuai keinginan diri
  • Dan lain sebagainya.

Beberapa contoh topik life coaching :

  • Menghilangkan hambatan atau tantangan yang menghambat diri
  • Belajar mencintai diri sendiri sepenuhnya tanpa tergantung pada persetujuan orang lain
  • Belajar bagaimana membangun hubungan yang penuh kasih
  • Mengupayakan perubahan hidup yang lebih ramah dengan kesehatan diri
  • Berurusan dengan transisi kehidupan, hubungan atau karir
  • Belajar pengelolaan  waktu
  • Dan lain sebagainya.

 Life coaching membantu cara pandang diri terhadap diri, terhadap keadaan yang dialami maupun terhadap tujuan yang ingin dicapai. Life coaching membantu individu mengenali diri secara menyeluruh dan membantu mengembangkan kesadaran diri terhadap arti hidup dan nilai-nilai yang diterimanya. Kesadaran yang diperoleh akan mendorong diri secara sukarela untuk bergerak maju, proses perjalanan hidup akan lebih dirasa dinamis dengan titik-titik pencapaian sebagai milestone , rekam jejak perjalanan dalam membangun pengembangan hidup yang memberi arti ke dalam dan ke luar dirinya.

Selamat mengembangkan diri

Salam,

Self Reflection

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s