LOOKING INSIDE, Upaya menemukan cara pandang diri yang mencerahkan jalan hidup

Sudah lama buku yang satu ini selesai saya baca, buku luar biasa yang membuka cara pandang diri yang menginspirasi. Jadi tertarik untuk menulis dengan memakai buku karya Nick Vujicic sebagai inspirasi.

looking-insideIf you don’t accept yourself, it not only leads to selft-destruction, it lead to isolation.  (Live Without Limits, Nick Vujicic)

Jika anda tidak menerima diri anda sendiri, hal ini tidak saja membawa kehancuran diri, tetapi juga mengarahkan pada keterasingan.

Nick Vujicic, lahir tanpa lengan dan kaki. Titik balik yang dirasakan saat Nick merubah cara pandang terhadap diri .  Awalnya dia mengira bahwa dirinya adalah produk gagal ciptaan Tuhan, namun kemudian dia menemukan cara pandang diri  sebagai karya spesial ciptaan Tuhan. Nick memang hidup dengan kasih sayang penuh dari keluarga, terutama orang tuanya. Dia mendapat bantuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Titik balik awal adalah saat Nick ingin mandiri dalam melakukan banyak aktivitas sehari-hari, terutama saat belajar berenang. Dirinya menemukan bahwa tidak ada yang dapat mengajarkannya melakukan segala aktivitas dengan tubuh yang diciptakan spesial tersebut, mulailah dia mengenali anggota tubuhnya sendiri, sehingga tidak saja mandiri melakukan aktivitas sehari-hari, Nick bahkan mampu melampaui kemampuan orang pada umumnya .

Namun demikian, Nick juga menyadari, meski dilahirkan dengan kondisi berbeda dengan kebanyakan orang normal pada umumnya,  ada banyak kesulitan-kesulitan hidup yang dialami orang lain, yang tidak dia alami.

“ Your circumstances may be difficult. You may have challenges with your health, your finances, or your relationship. But with sense of purpose, faith in your future, and determination to never give up, you can overcome any obstacle”

Keadaan anda mungkin sulit, anda mungkin memiliki masalah kesehatan, masalah keuangan, atau masalah dalam membangun hubungan. Namun dengan harapan yang penuh, keyakinan akan masa depan  dan tekad untuk tidak menyerah, anda akan dapat mengatasi kendala apapun.

Looking inside,

Melihat ke dalam diri, bagaimana diri memandang diri, bagaimana diri memandang orang lain dan bagaimana diri memandang alam semesta. Ini akan sangat mempengaruhi bagaimana diri menjalani kehidupan.  Hidup adalah masa yang dijalani, proses kelahiran manusia, perkembangan dari masa ke masa, pembelajaran makna, konsekuensi dan tanggungjawab yang semakin berkembang.  Kecenderungan dalam mencari materi pembelajaran lebih banyak berasal dari luar diri. Pemahaman dan cara pandang diri yang murni, tentang apa yang dirasakan semakin kurang mendapat tempat.

Beberapa contoh situasi dimana cara pandang diri, memberikan pencerahan perjalanan hidup :

  • Dalam situasi seperti Nick Vujicic, dimana tidak ada orang yang lebih memahami dirinya, selain dirinya sendiri, cara pandang dirinya sebagai produk spesial ciptaan Tuhan,  memberinya tidak saja kemampuan melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri,  bahkan melampau dan menjadi seorang motivator internasional yang menginspirasi banyak orang,
  • Seseorang yang menderita penyakit menahun dan membutuhkan kemampuan hidup berdamai dengan keadaan yang dialaminya, cara pandang terhadap diri sangat mempengaruhi proses penerimaan diri, untuk kemudian bergerak maju, tidak lagi meratapi diri atau mengeluh menyalahkan kondisi kesehatan yang dialaminya, bahkan bisa memberi jalan pencerahan tidak hanya bagi dirinya tetapi juga banyak orang yang mengalami kondisi yang hampir serupa.
  • Situasi dimana saat seorang individu merasa berjalan ditempat meski dirasa telah melakukan banyak usaha untuk berkembang, introspeksi terhadap cara pandang diri terhadap diri bisa menjadi awal untuk lebih maju dan berkembang.
  • Demikian pula pada saat seorang individu menemukan pertanyaan atau tuntutan kepada diri untuk dapat menjalani hidup yang lebih ramah sesuai keinginan diri

Prof. Dr. Luh Ketut Suryani, SpKJ,  Professor psikologi spesialis kejiwaan, mengamati bahwa dalam kehidupan sehari-hari, orang lebih banyak menggunakan kemampuan mental yang dipengaruhi oleh pendidikan formal maupun non formal, pengalaman sehari-hari dan belajar dari pengalaman orang lain.  Jarang orang dilatih menggunakan kemampuan spirit yang dimilikinya sejak dalam kandungan.  Semua pemikiran, pertimbangan dan keputusan yang dibuat datang dari logikanya. Kemampuan spirit berasal dari dalam diri. Kemampuan spirit mampu mendorong dan meningkatkan kemampuan mental, serta meningkatkan daya cerna pemikiran.

Faktor luar bisa datang sebagai contoh yang menginspirasi, namun demikian pengenalan akan internal diri dibutuhkan dalam upaya membangun karakter dan kapasitas diri. Pengenalan dan pemahaman diri melalui proses dialog diri dapat membuka cakrawala diri menemukan cara pandang diri yang murni dan mencerahkan jalan hidup.  Upaya menemukan cara pandang diri, tidak melulu hanya dengan merenungkan seorang diri yang seringkali hanya membuat diri frustasi.  Keberadaan pihak luar yang memiliki kapasitas pendampingan  dan pola kerja yang  tidak mengintervensi proses dalam menemukan cara pandang diri yang sesuai dengan karakter diri akan sangat membantu.  Metoda meditasi dan life coaching merupakan salah satu cara dalam mengupayakan hal tersebut.

Selamat menemukan cara pandang diri yang mencerahkan.

Salam ,

Book Review

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s