KEMANDIRIAN, Membangun rasa independensi diri dalam mengelola kehidupan

Independensi atau kebebasan merupakan rasa pada diri yang bersedia melakukan segala sesuatu atas dasar keinginan diri, tanpa paksaan dan tekanan, didasari oleh kesadaran diri sendiri.

kemandirian

Dalam keseharian ada banyak aktifitas kehidupan dilakukan, mulai dari pekerjaan sederhana hingga pekerjaan berat, mulai dari melakukan sekedarnya hingga melakukan dengan segala tanggungjawab diri terhadap apa yang dikerjakan. Demikian pula bahwa dalam keseharian, diri ini membuat keputusan-keputusan hidup, mulai dari keputusan kecil, seperti mau makan apa,  hingga keputusan besar, baik  untuk diri sendiri atau pun keputusan hidup yang berdampak bagi orang banyak.

Manusia merupakan makhluk pembelajar, sejak dalam kandungan , bayi, kanak-kanak, remaja, dewasa hingga memasuki usia tua. Belajar dan berkembang bisa melalui dua arah, pembelajaran ke dalam diri dan pembelajaran keluar diri.  Pembelajaran kedalam diri berupa  penelaahan, renungan  dan pengenalan akan diri sendiri,  sehingga dalam bersikap dapat  disadari apa motivasi maupun keinginan dari dalam diri. Pembelajaran ke luar diri, seperti mencontoh, mengamati, membaca, serta belajar dari  berbagai sudut pandang maupun pengetahuan orang lain.  Namun demikian, pada akhirnya bahwa manusia berupaya melakukan segala aktifitas kehidupannya sendiri. Upaya saling mendukung dan bekerjasama merupakan bagian dari keputusan diri dalam melakukan kegiatan yang lebih besar yang membutuhkan kerjasama berbagai pihak, demikian pula apabila kegiatan membutuhkan kemampuan di luar kapasitas diri.

KEMANDIRIAN,

Kemandirian adalah sikap diri yang bertindak bebas, melakukan sesuatu atas dasar keinginan,  kesadaran diri, dan  kemampuan mengelola diri sendiri sehingga mampu menghadapi berbagai  permasalahan kehidupan untuk kemudian menyelesaikan sendiri masalah yang dihadapi tanpa meminta bantuan atau tergantung kepada orang lain, serta bertanggung jawab terhadap  segala keputusan hidup yang diambilnya dengan berbagai pertimbangan diri. Kemandirian mencerminkan sikap diri yang inisiatif, kreatif, kritis, percaya diri, tanggungjawab serta penghargaan terhadap waktu. Mampu melakukan tugas yang menjadi tanggungjawab diri , berusaha menghadapi berbagai rintangan dan memperoleh kepuasan dari apa yang dikerjakannya.

Kemandirian dapat dilatih sejak kecil, melalui kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus  untuk  berbagai aktifitas keseharian,  seperti memakai baju sendiri,  meletakkan mainan pada tempatnya,  memasang kaos kaki sendiri. Kebiasaan yang dilatih dapat membangkitkan kepercayaan bahwa dirinya mampu melakukan hal- hal kehidupan secara mandiri. Kemandirian juga dapat diperoleh melalui kedisiplinan diri, dengan landasan motivasi tinggi  untuk membangun kapasitas dan kemampuan diri.  Kemandirian juga dapat bersifat alami, sebagai anugerah dari Sang Pencipta.  Suatu rasa ketenangan dalam kesendirian yang memberikan mentalitas dan keteguhan dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan.

Kemandirian sebagai bentuk kapasitas diri, dipengaruhi oleh konsep diri.   Diri yang memiliki cara pandang dan penerimaan  yang membangkitkan kepercayaan diri untuk mau dan berani, serta berkomitmen dalam mengelola kehidupan ,  penghargaan terhadap waktu dan kehidupan yang diterima sebagai anugerah Sang Pencipta, menumbuhkan rasa tanggungjawab diri dalam menjalani aktifitas keseharian dalam kehidupan.  Proses belajar dan pembentukan diri akan semakin berkembang. Demikian pula mentalitas dan kepercayaan terhadap diri dalam melakukan setiap aktifitas sebagai suatu kesadaran dan tanggungjawab diri dalam menghargai dan mengisi kehidupan dengan bijaksana.

Selamat melakukan aktifitas secara mandiri.

Salam,

Self Reflection

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s