MINDFULNESS, membangun hidup penuh makna

“Mindfulness is the awareness that emerges through paying attention on purpose, in the present moment, and non-judgmental to things as they are” Dr. Jon Kabat-Zinn, MBSR founder.

Sering  kali diri ini merasa waktu berlalu demikian cepat, seolah waktu bergulir tanpa makna. Tak terasa hari berlalu, minggu terlewati, bulan terlampau, bahkan tahun pun dirasa bagai kereta api super cepat yang ternyata sudah berada di awal tahun yang berbeda.

00-mindfulness-event-apcli-gathering

Waktu adalah hal yang tidak akan pernah kembali, setiap hari kita diberi waktu 24 jam. Dan dalam 1 jam kehidupan berlangsung selama 60 menit atau 3600 detik. Momen demi momen terlewati, beragam peristiwa disekitar terjadi, berbagai kegiatan dikerjakan, pemikiran pun tak kalah ragamnya dengan berbagai ide, keinginan dan rencana, berkembang sedemikian cepat.  Apa yang terjadi pada diri sering kali luput mendapat perhatian. Mata ini lebih sering memandang ke depan, tidak selalu apa yang berada di sekeliling, adakalanya mata melihat, namun bukan apa yang tampak dihadapan, terhalang oleh sibuknya pemikiran yang lalu lalang. Telinga pun  tidak mendengar apa yang didengar, namun mendengar apa yang ingin didengar.

Mentari bersinar sejak pagi, siang hingga sore hari, memberikan cahaya terang bagi kehidupan. Kehadiran yang berlangsung setiap hari sepanjang kehidupan hanya diterima sebagai penanda akan aktifitas sehari-hari. Suara alam yang terjadi disekitar telah kalah oleh riuh rendah oleh emosi dan pemikiran, yang lebih sering tidak disadari. Apalagi bicara tentang tarikan nafas yang begitu lekat dalam diri sebagai penanda bahwa diri ini masih menjadi bagian kehidupan di dunia ini.

Pertemuan Asosiasi Profesional Coach Loop Indonesia (APCLI) , Kamis, 09 Februari 2017, mengawali kegiatan di tahun 2017, mengajak diri untuk sejenak melihat ke dalam diri, merasakan momen demi momen, mengetahui pemikiran lewat satu per satu, perasaan yang timbul apapun itu, mendengarkan suara dalam keheningan, merasakan setiap tarikan nafas, kehadiran diri sepenuhnya (presence) , melepaskan diri dari beragam penilaian ( non-judgmental ), menerima apa pun itu dengan apa adanya.

Pembahasan tema “ Mindfulness Practice for Coaching Presence” , yang dipandu oleh Mindfulness Coach,  Triaji Prio Pratomo, atau di asosiasi kami menyebutnya Ki Aji, mengajak semua yang hadir, para profesional coach, untuk merefleksi  Coaching competency  dengan mindfulness practice. Diskusi mengalir dalam dialog terbuka, kesediaan mempersembahkan  kepada yang lain, kesediaan saling terbuka, saling menerima. Suasana bergulir, sebuah diskusi yang menciptakan suasana dialog yang terbuka, berbagai pendapat dan pengalaman saling terungkap memperkaya pemahaman. Sikap saling menghargai satu dengan lain, menyadari bahwa setiap diri menjalani kehidupannya sendiri, ada rasa simpati mengalir pada diri masing-masing, dan pada akhirnya diterima tanpa penilaian dan dimaknai dengan apa adanya.

Pembahasan dibuka dengan penjelasan berbagai definisi menurut para pakar mindfulness, berbeda namun memiliki makna yang dapat diterima sebagai ungkapan masing-masing diri mengenai mindfulness itu sendiri.  System thinking mindfulness serta korelasi terhadap esensi Presence, dari core competency  International Coach Federation (ICF) yang menjadi basis kompetensi peserta yang hadir, yang diterima dan dipahami dalam kode etik dan kompetensi dari profesi Profesional Coach.  Peserta juga diajak untuk melakukan praktik mindfulness, memberi kesempatan pada diri masing-masing menyadari kehadiran diri secara utuh dan menyeluruh. Dilanjutkan dengan aplikasi coaching antar peserta, mengadaptasi  mindfulness,  merasakan pengalaman , sensasi diri, baik saat sebagai coach ( yang memberikan coaching ) maupun sebagai coachee ( yang menerima coaching ).

Suasana akrab menjadi suguhan suasana yang terbangun dari sikap peserta dan menjadi ciri pertemuan dalam organisasi   APCLI. Suasana saling berbagi dan mempersembahkan memberi harapan bagi kehidupan masing-masing.

Selamat menikmati momen demi momen.

Salam,

Self Reflection

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s