KEMITRAAN, Relasi dalam Coaching mendorong Tindakan Aksi

Coaching is partnering with clients in a thought-provoking and creative process that inspires them to maximize their personal and professional potential
– International Coach Federation (ICF)

DSC_0849

Coaching merupakan upaya dua arah yang berpeluang memberikan dampak kesadaran yang dapat mendorong motivasi seseorang untuk bergerak maju. Kesadaran yang mendorong tindakan aksi yang bermakna perubahan perilaku. Coaching bersifat kemitraan, dimana Coach mendampingi Coachee (klien), memprovokasi pemikiran dan membuka ruang kesadaran melalui proses kreatif untuk menginspirasi dan mengembangkan potensi diri baik secara personal dan profesional.

Kemitraan menjadi kunci penting dalam mencapai tujuan coaching. Kemitraan dalam hubungan coaching, membutuhkan landasan awal berupa pemahaman akan cara kerja coaching yang berbeda dari metoda pengembangan diri lain, seperti training, mentoring, maupun consulting. Dalam training, mentoring maupun consulting, terjadi transfer pengetahuan dan pemahaman dari trainer, mentor maupun konsultan. Eksplorasi pengembangan klien pada ketiga metoda pengembangan tersebut diperkaya oleh materi yang berupa pengetahuan maupun pemahaman trainer, mentor maupun konsultan. Hal ini berbeda dengan proses coaching, dimana ekplorasi pengembangan diri berangkat dari kesadaran dan pemikiran klien itu sendiri. Peran Coach sebagai fasilitator, mengaplikasikan kompetensi coaching dalam memfasilitasi proses kesadaran memprovokasi pemikiran dan membuka ruang kesadaran melalui proses kreatif untuk menginspirasi dan mengembangkan potensi diri coachee.

Kemitraan dalam menjalani proses coaching dapat terbangun dan membuka peluang akselerasi kesadaran yang mendorong tindakan aksi manakala dilandasi kepercayaan coachee kepada coach. Kesediaan membuka diri, menggali potensi melalui eksplorasi penemuan kesadaran demi kesadaran diri coachee dalam sesi coaching menjadi penentu selanjutnya. Perjalanan sesi demi sesi coaching dalam peran sebagai coach, memberi saya kesadaran bahwa orang yang perlu mendengar dan memahami apa yang dirasakan coachee adalah diri coachee sendiri. Di sinilah dibutuhkan penguasaan kompetensi dalam memfasilitasi sesi coaching. Kompetensi yang disertai kode etik profesi coach yang dipegang teguh oleh para Profesional Coach berbasiskan International Coach Federation, dan RICH: Respect – Integrity – Creative Process & Continues learning, Human Potential, filosofi coaching yang digagas oleh M Kurnia Siregar, PCC dan Ina Rizqie Amalia, PCC, pendiri Loop Indonesia, juga menjadi nuasa yang memberikan landasan yang kuat dalam membangun kepercayaan dalam sesi coaching.

Kemitraan juga menjadi warna pembeda dari para pemimpin, atau atasan dalam suatu organisasi yang mengambil peran Leader as Coach dalam memfasilitasi pengembangan tim untuk mencapai tujuan bersama. Coaching bukan sekedar dialog percakapan yang mengekplorasi kesadaran tim atau orang-orang yang dipimpinnya. Menjadi seorang coach sekaligus pemimpin yang dituntut pencapaian target bersama dalam menjaga eksistensi dan pengembangan organisasi membutuhkan perisai kebijaksanaan, agar kekuasaan yang diberada ditangannya tidak berupa cambuk pemecut tindakan aksi yang menjadikan kendali kekuasaan tanpa batas. Kekuasaan yang berada ditangannya lebih menjadi penjaga kepercayaan dalam menjalani amanah organisasi dan membangun kehidupan organisasi dalam gerak langkah dinamis bersama kepercayaan yang dibangun bersama seluruh tim. Pemimpin yang berupaya untuk terus membuka ruang kesadaran demi kesadaran dirinya sehingga yang bersangkutan sadar dan paham dalam menjalankan fungsi dan peran atas tugas dan jabatannya.

Salam,

Self-reflection

Doc:  Foto Tim Coaches dalam Leadership Coaching Program

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s