Listening, … Jeda membuka kesadaran

What is love ? Love is the absence of judgment
– Dalai lama –

listening - jeda membangun kesadaran

Perjalanan dalam aktifitas coaching dan seputar dunia pengembangan personal, memberi kekayaan pengalaman dari banyak kesadaran individu , yang saya lihat dan rasakan. Alih-alih coaching, dimana seorang coach memfasilitasi coachee dalam membangun kesadaran dirinya untuk bergerak maju dalam mewujudkan apa yang menjadi tujuannya, saat peran sebagai coach saya terima, ruang kesadaran dalam diri saya menjadi lebih luas.

Life Coach and Mindfulness Practitioner, demikian saya menulis peran dalam mengambarkan pilihan profesi dalam dunia coaching, peran yang saya tulis setelah beberapa kegiatan fasilitasi terkait pengembangan individu, training dan coaching, menjadi lebih berwarna dan terasa berbeda setelah saya menyelesaikan program Mindfulness-based stress reduction (MBSR Course Program). Sebuah progam yang membantu saya memahami pembelajaran  mindfulness secara holistik. Pernyataan refleksi balik yang saya terima dari mereka yang saya fasilitasi, baik  kesan berupa ekspresi yang saya sadari, maupun testimoni yang disampaikan, menyadarkan saya dampak pembelajaran mindfulness terhadap ruang kesadaran dalam diri saya.

Listening, … satu dari sebelas kompetensi coaching berbasiskan International Coach Federation, organisasi internasional yang membuat framework tentang kompetensi coaching bagi Profesional Coach. Intensi hadir membuka ruang kesadaran diri untuk menuangkan dalam tulisan, refleksi akan makna “Mendengarkan” yang saya rasakan dari sesi demi sesi, momen demi momen, saat  aktifitas yang satu ini saya lakukan dalam banyak percakapan, tidak terbatas pada sesi coaching.

Listening, … Mendengarkan, kesadaran aktif yang dipersembahkan dalam memberikan kehadiran diri. Kesadaran untuk total surrender, menerima, menerima dan menerima apa adanya kehadiran rasa, sensing.  Menyadari ruang kesadaran di dalam diri maupun ekspresi rasa yang saya terima atas kehadiran diri lain, terutama saat berlangsung percakapan.  Kunci kesadaran yang saya rasakan dalam  aktifitas mendengarkan adalah Non-judgmental awareness.  Butuh proses yang dibangun dari latihan demi latihan untuk memahami kesadaran yang satu ini. “Intentional, non-judgmental awareness of the present moment”,  kesadaran yang disengaja dan tidak menghakimi saat ini,  menyadari keterbukaan dalam diri untuk hadir mendengarkan apa adanya kehadiran, ekspresi, untaian kata, dalam ragam kesadaran yang hadir dalam suatu percakapan, fokus pada kesadaran yang tidak menghakimi, sadar atas kehadiran saat ini, present moment. Menyadari manakala penghakiman diri hadir dalam bentuk pikiran dan ekspresi emosi, namun sadar untuk melepaskan penghakiman, untuk membuka ruang kesadaran holistik dan mempersembahkan aktifitas percakapan yang berfokus pada pertumbuhan kesadaran pada diri lain, dengan siapa percakapan tersebut dilakukan.

Intention – Attention – Attitude, 3 elemen esensial dalam praktek mindfulness kiranya menjadi peluang kesadaran membangun Non-judgmental awareness. Kesadaran berupa jeda demi jeda mengalir dalam aliran nafas masuk dan keluar,  tergambar dalam benak, “Garis putus putus yang membentang momen demi momen, mengisi waktu, mengantarkan diri bergerak maju dari titik satu ke titik lainnya. Intention_intensi, kesediaan untuk mendengarkan, Attention_perhatian, memberikan kesadaran energi hati, Attitude_perilaku, melepaskan penghakiman pikiran dan perasaan diri, untuk menerima apa adanya kehadiran rasa yang menyapa kesadaran diri dalam memberi ruang bagi proses kesadaran dan pemahaman diri lain untuk berpeluang berkembang menjadi versi dirinya sendiri.

Salam,

Self refelction
Menulis kehadiran rasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s