Group Coaching, Hadir mempersembahkan keberagaman yang menyatukan

Diversity: the art of thinking independenty together
– Malcom forbes –

group-coaching

Indonesia is Land of diversity, demikian ketua komite penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC), Erick Thohir menyampaikan untaian kata dalam menggambarkan keberagaman Indonesia pada acara pembukaan Asian Games 2018, Untaian kata yang menggugah hadir pertama dalam benak kala kawan baik meminta saya menyampaikan awareness mengenai Group Coaching, menambah khazanah pemahaman bersama dalam memfasilitasi coaching session.

Coaching, kegiatan kemitraan yang memprofokasi dan proses kreatif, memfasilitasi coachee dalam membuka ruang kesadaran, melihat ke dalam diri, atas ragam aspek potensi diri, melepaskan hambatan, menggali perspektif baru dalam mengembangkan pribadi. Sesi coaching menjadi semakin semarak manakala digali dalam kebersamaan pada group coaching.

Coaching presence menjadi landasan kemampuan coach, kehadiran yang memfasilitasi ruang kebersamaan, menyapa dan menggugah kesediaan para coachee dalam memberikan kehadiran dan mengeksplorasi kesadaran, diracik bersama kompetensi Listening dengan non-judgmental awareness, yang tertuang dalam Powerfull Questening, menyajikan sebuah Direct Communication yang menggugah para coachee, membuka kesadaran demi kesadaran, menghadirkan suasana coaching yang kondusif dalam sebuah diskusi yang penuh warna. Eksplorasi keragaman memperkaya sudut pandang memberikan perspektif yang lebih luas dalam melihat tema coaching yang diusung dalam sebuah group coaching.

Group coaching menyediakan ruang percakapan, dialog dan refleksi. Sinergi pengalaman menjadi proses pembelajaran bersama menjadi inti dari group coaching. Hadir dalam keberagaman memperkaya khazanah perspektif, membangunkan kesadaran, baik dari dalam diri maupun dari kesadaran diri lain, yang disadari  pada tujuan individual, dan jika memungkinkan tujuan kolektif dengan tetap menjadi versi diri masing-masing.

Menarik menyimak catatan dari sebuah artikel mengenai group coaching, memperkaya makna dalam menguntai kata dari pengalaman yang dirasakan :

1. Menciptakan fokus dan harapan bersama

Menciptakan sebuah agenda dan harapan bersama merupakan landasan dari proses group coaching.  Eksplorasi berupa :
• Apa yang mejadi landasan umum yang menciptakan kebersaman dalam group ?
• Apa yang menjadi fokus?
• Aspek-aspek apa yang ingin digali, baik secara individu maupun kolektif dalam menjalani proses group coaching ?

Penting dalam sebuah sesi group coaching untuk menciptakan ekspektasi bersama. Dengan anggota yang memiliki perspektif dan titik pandang yang berbeda, ekplorasi dengan pertanyaan “apa yang diharapkan ?”  Dengan  detail-detail seperti :
• Apa yang diharapkan bersama dari coaching proses ?
• Apa yang anggota group harapkan dari masing-masing anggota ?
• Identifikasi tema umum untuk menjadi area yang dieksplorasi
• Buat kesepakatan bersama
• Bagaimana hal tersebut bisa berjalan ?

Pertanyaan untuk dipertimbangkan : Pertanyaan-pertanyaan apa Anda inginkan dari anggota kelompok berdialog untuk menciptakan fokus dan harapan bersama. Kegiatan apa yang mendorong upaya tersebut.

2. Menetapkan tujuan (Goal),

Tujuan membentuk landasan dalam proses coaching. Dalam pengelolaan group coaching, bisa jadi individu mengerjakan rangkaian dari tujuannya sendiri, dan sekaligus juga membangun rangkaian tujuan bersama.

Pertanyaan untuk Anda pertimbangkan: Apa yang Anda lakukan untuk fokus pada tujuan selama proses coaching ?

3. Menciptakan akuntabilitas

Akuntabilitas merupakan nilai pembeda  coaching dengan bentuk fasilitasi lain seperti training, Akuntabilitas berupa kesadaran melakukan identifikasi tindakan pada sesi demi sesi. Hal ini seiring dengan penetapan tujuan yang ingin dicapai.

Group coaching sebagai percakapan yang berkelanjutan, bekerja sama dalam menetapkan  langkah selanjutnya. Sepanjang proses group coaching, coachee dapat membangun komitmen individual mereka maupun komitmen yang ditetapkan bersama. Pada setiap sesi, penting untuk menyisakan waktu untuk membagikan komitmen mereka sendiri untuk periode mendatang. Bisa saja terjadi tercetus ide-ide yang terinspirasi dari angota lainnya dalam group.

Pertanyaan untuk Anda pertimbangkan: Apa yang Anda lakukan untuk mendukung percakapan dan fokus di sekitar akuntabilitas? Bagaimana anggota kelompok dapat berbagi kesuksesan dan wawasan mereka satu sama lain?

4. Mendukung proses dalam kelompok

Pada akhirnya kunci dari keseluruhan keberhasilan group coaching adalah apresiasi dan kesadaran seluruh anggota,  terhadap issue-issue yang dihadapi. Kebersamaan dibangun dengan kesediaan berkontribusi dan kehadiran satu sama lain untuk mencapai tujuan. Kebersamaan dalam keberagaman.

Group Coaching sebagai bentuk kemitraan untuk saling terbuka menerima kesadaran demi kesadaran yang hadir menstimulasi ruang dialog menjadi titik poin penemuan dan penerimaan kesadaran, serta mendorong setiap anggota membuka ruang kesadaran ke dalam diri untuk diwujudkan dalam tindak lanjut aksi nyata sebagai dampak utama  memaknai keberlangsungan sesi coaching sebagai upaya pengembangan bagi diri sendiri serta mengakselerasi pengembangan organisasi secara nyata.

Salam,

Belajar meRasa_Mindful

Sumber foto :
https://www.ottawacancer.ca/how-can-we-help-you/what-programs-are-available-to-you/groupcoaching/

Sumber catatan tambahan artikel :
https://www.thecoachingtoolscompany.com/effective-group-coaching-101-5-key-skills-group-coach-needs-jennifer-britton/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s