Fully Awake, Hadir meRasa menyapa kehidupan melalui detak jantung

Mindfulness, fully awake moment by moment non-judgmental awareness
– Jon Kabat-Zinn –

Fully awake

Mindfulness, kondisi mental yang dicapai dengan memusatkan kesadaran diri pada saat ini, present moment, yang dinyatakan dengan ketenangan menerima sensasi tubuh, pikiran, emosi, lingkungan di sekitar dirinya, apa adanya tanpa penghakiman.

Perjalanan diri dalam pembelajaran dan latihan mindfulness, membuka ruang kehadiran akan makna kesadaran mental, hadir utuh sadar penuh, sebagai pemahaman atas makna kata fully awake, Diri yang hadir, sadar dan merasakan, layaknya observer, yang menyadari apa adanya sensasi tubuh, menerima lalu lalang pikiran, ekspresi emosi, dan ragam rupa yang tertangkap indera, sebagai bentuk lingkungan di sekitar dirinya, serta menerima ada adanya kehadiran dengan kesadaran tanpa penghakiman.

Diam merasa, … menyadari kehadiran nafas masuk dan keluar, seiring udara segar berupa oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh melalui darah yang dipompa oleh organ jantung. Detak jantung yang hadir sebagai penanda manusia hidup. Pola ritmik, yang hadir dengan ketenangan menjadi nada simponi. Gema detak jantung yang dirasakan hadir keseluruh tubuh bersama oksigen yang memberikan kehidupan, pertumbuhan dan regenerasi setiap sel yang menyusun tubuh manusia.

Jeda, .. sela diantara nafas masuk dan keluar yang mengalir apa adanya secara alamiah, membuka ruang kesadaran dalam ritmik detak jantung, sebagai simponi kehidupan yang memberi ketenangan, kesadaran mental yang hadir, mampu menerima kehadiran rasa apa adanya. Detik demi detik seiring waktu berlalu, mengalir momen demi momen kehidupan.

Duduk diam diri merasa, kehadiran menjadi nyata
Jantung sebagai pusat kesadaran mental, memiliki kemampuan merasa_mindful, menerima apa adanya kehadiran rasa yang diterima dengan kesadaran tanpa penghakiman. Kesejatian menjadi nafas kehadirannya, kesetiaan untuk hadir mempersembahkan, memberi ruang kesadaran untuk diri memaknai rasa.

Terima kasih, terima kasih.

Salam,

Menulis kehadiran rasa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s