Hierarchy of Natural System, Hadir menyapa membuka makna.

Mindfulness is a way of paying attention, on purpose and non-judgmentally awareness,
on what goes on in the present moment in your body, mind, and the world around you.
– Jon Kabat-Zinn, Ph.D. –

BioPsycoSocial

Panas terik tersapu angin sepoi-sepoi, keramahan yang terasa dalam nuansa kesediaan diri untuk hadir bersama membuka makna. Demikian ungkapan rasa yang terasa kala diri ini hadir dalam ruang tamu yang menjadi saksi pertemuan siang itu, bersama dr Herbert Situmorang, SpOG (K) beserta tim dari klinik RSCM Kintani, Jakarta Pusat, yang kini sedang bebenah dalam membangun kembali, reimage, sebagai klinik terdepan dalam mengupayakan kesehatan reproduksi perempuan secara holistik.

Diskusi memperkenalkan mindfulness terasa menjadi bagian keseharian yang mencerahkan, selalu ada hal baru dalam memaknai kesadaran diri untuk hadir utuh sadar penuh. Sharing, berbagi, bergulir mengalir antar makna. Kala diri hadir merasa, ruang tanya terbuka, menerima, membuka cakrawala khazanah pengetahuan. Momen demi momen terasa bagai siraman yang mencerahkan bagi diri yang terbuka, menerima pemahaman atas informasi yang tersampaikan.

Sukacita menerima pemahaman, dr Herbert yang berkenan berbagi pemaknaan landasan keilmuan yang dipahaminya. Terbukalah ruang wawasan atas landasan dalam memahami mindfulness secara lebih dalam. Beliau berkenan berbagi tentang pengetahuan biopsikososial , sehingga membuka cakrawala dalam melandasi pemahaman akan esensi mindfulness sebagai kesadaran yang apa adanya tanpa penghakiman. Tergugah diri menggali leih lanjut atas pengetahuan yang disampaikan oleh pakar kesehatan yang satu ini untuk kemudian menuangkan dalam untaian kata sebagai catatan dalam cakrawala pembelajaran mindfulness.

Biopsikososio - hierarcyAdalah John Romano dan George Engel, dua orang dokter terkemuka yang menjadi anggota dari universitas Rochester, sejak 1946 hingga kematian mereka di era 1990an, Dua dokter yang mempengaruhi perubahan secara global pendidikan kedokteran dalam hal perawatan pasien, melalui hasil penelitiannya, body and mind interactions.

Pemahaman bahwa manusia adalah makhluk biopsikososial. Pendekatan biopsikososial secara sistematis mempertimbangkan faktor biologi, psikologis dan sosial, serta interaksi kompleknya dalam memahami kesehatan, penyakit dan pemberian perawatan kesehatan.

Mindfulness, sebagai kesadaran dengan tiga elemen dasar intension – attention – attitude, membuka ruang kesadaran diri apa adanya sebagai makhluk biopsikososial. Raga yang adalah sistem biologi, diri yang seringkali dipahami hanya sebagai psikologis ( pikiran, emosi dan ego yang tampil dalam perbuatan ) serta dampak sosial yang berpengaruh terhadap penerimaan siapa dan bagaimana diri. Mindfulness. kesadaran untuk hadir utuh sadar penuh, sebagai apa adanya kehadiran, dan tanpa penghakiman.

Rutinitas dan keseharian diri, mankala tak lagi ramah terhadap keseimbangan kesadaran holistik, dimana sisi psikologi, baik pikiran dan emosi yang acapkali dibalut akan emosi, menjadi lebih sering mendistorsi kesadaran holistik. Kesadaran raga yang adalah sistem biologis, sebagaimana adanya, lebih sering disadari terlambat. Tekanan demi tekanan yang lebih sering terabaikan, menjadikan diri kehilangan kesempatan untuk menjaga harmonisasi interaksi body-mind-soul.

Kala diri hadir merasa, kesadaran membuka cakrawala.
Kehadiran menjadi nyata, kala makna terwujud dalam asa.
Mari bersama membangun makna, keindahan terungkap dalam keselarasan menjadi diri apa adanya, saat ini, di sini, begini. Here & Now.

Terima kasih untuk kesediaan hadir merasa, terima kasih atas ruang tanya mengungkap makna.

Salam,

Belajar meRasa_Mindful

Narasumber gambar :

https://www.urmc.rochester.edu/medialibraries/urmcmedia/education/md/documents/biopsychosocial-model-approach.pdf

https://accessmedicine.mhmedical.com/content.aspx?sectionid=41021117&bookid=501

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s