LEADERSHIP IS ABOUT TRANSFORMATION

Transformation workshop (2)

With the world in constant flux, leadership is about transformation.
Seeing things in a new way, And turning that into action
– Organizational Workshop –

Begitu tagline untuk workshop Loop Institute kali ini, Kamis 24 Mei 2018 di Financial Club Graha CIMB Niaga, 08.00 – 15.00, Jakarta.

Workshop dipenuhi dengan permainan. Full of game, tentu bukan sembarang permainan. Karena duet mahaguru Coach Kurnia Siregar dan Coach Ina Rizqie Amalia, telah mengikuti program sertifikasi training The organizatonal workshop dari “Power and system” – yang didirikan oleh Barry Oshry, yang fokus pada percepatan pengembangan kepemimpinan, “Accelerating leadeship development”.  Workshop kali ini merupakan hasil belajar mereka di sana.

Games – self reflecion – Discussion, Permainan yang menempatkan peserta pada tiap tingkatan dalam organisasi : Top, Middle, Bottom, dan juga posisi sebagai customer, yang berada di luar organisasi namun dipahami mempengaruhi organisasi. Tiap peserta diminta menjiwai permainan saat berada di posisinya masing-masing. Tujuannya agar setiap peserta tidak hanya memahami pada level kognitif semata, tetapi juga bisa merasa, mendapatkan pengalaman rasa, sense, di tiap-tiap level organisasi, yang diperankannya dalam permainan tersebut.

Dalam permainan diberlakukan aturan main, yang berasal dari penelitian Barry Oshry yang juga penulis buku “Leading system” : Lesson from the Power Lab. Aturan main yang membawa peserta pada suatu organisasi. Peserta benar – benar dibawa ke suasana bagaimana organisasi berjalan: ada uang yang berputar, ada project yang harus dikerjakan, ada tekanan yang terjadi, sehingga peserta melihat, merasakan, dan berperilaku. Bukan hanya pikiran namun juga secara mental. Tapi jangan dibawa baper tentunya, Meski diakui oleh peserta ada yang sampai baper…. hehehe.

Refleksi membantu peserta melihat kembali ke dalam dirinya. Setelah sesi-sesi permainan dilakukan, ruang refleksi juga diberikan, diskusi pun mengalir. Temuan-temuan yang berasal dari pikiran maupun mental yang dialami dan dirasakan, hingga peserta memperoleh pemahaman. Menyadari apa adanya organisasi berjalan dari sudut pandang tiap-tiap posisi. Sejatinya, tiap-tiap posisi dialami oleh masing-masing peserta, tidak hanya dalam kehidupan organsasi namun juga kehidupan personal, dalam fungsi keluarga maupun sosial masyarakat. Setelah kesadaran yang berangkat dari pemahaman pikiran dan mental, diskusi pun mengalir, selanjutnya barulah esensi dari transformasi dapat dirasakan, pilihan kembali pada bagaimana masing-masing individu merefleksikan ke dalam organisasi masing-masing. Door A atau Door B , setiap pintu memiliki konsekuensinya masing-masing. Hingga akhirnya sebagai Leader mampu memahami bagaimana empowerment strategy  bisa berada di tiap-tiap level organisasi.

Pada akhirnya tiap-tiap peserta dapat melihat simpul-simpul bagaimana leadership yang sejatinya adalah transformasi diri, dimana ada ruang tanggungjawab, komitmen, termasuk juga bagiamana integrasi keberanian mampu berdiri, menciptakan suatu kemitraan yang menembus batas kekakuan dari sebuah organisasi.

Salam,

Belajar meRasa_mindful

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s