Women Discussion, Ruang diskusi menyelaras diri bersama

You are not your pain

Pain x Resistance = Suffering
Pain x Present = Freedom
– Tara Brach – 

Diskusi bersama, menjadi ruang belajar  untuk mengenali diri, berbagi cerita pengalaman, pemahaman, menelaah ke dalam dan berlatih bersama, mewarnai kegiatan yang satu ini. Minggu, 13 Mei 2018, kesediaan untuk berkumpul bersama, berbagi rasa, membuka ruang kehadiran untuk bersama membangun makna.

You are not you pain, … demikian tema diskusi kali ini, terinspirasi dari buku Vidyamala Burch dari pembelajaran dan pelatihan diri dalam memaknai Mindfulness-Based Stress Reduction yang dikembangkan oleh Jon Kabat-Zinn, PhD. Tema dipilih untuk menyapa diri akan siapa diri agar tidak terbelanggu oleh nyeri yang seringkali melabeli diri. Upaya menyelaras diri dengan diri, melalui kesadaran untuk hadir utuh momen demi momen tanpa penghakiman, memaknai respon tubuh dan ekspresi emosi dari keadaan yang tidak menyenangkan, yang diakibatkan oleh adanya gangguan jaringan atau potensi kerusakan jaringan pada organ tubuh,  membuka peluang tubuh menyelaras  di dalam diri, memberi kesempatan organ-organ melakukan tugasnya dalam menstimulus proses pemulihan dari gangguan ataupun potensi kerusakan.

Penulis bersama rekan Profesional Coach, Sarilani Wirawan, bersama berbagi pengalaman dan pemahaman, dalam memaknai kondisi nyeri yang dialami.  Berbekal kompetensi coaching dan pembelajaran mindfulness, kegiatan sharing tidak hanya berjalan satu arah. Masing-masing peserta hadir berbagi pengalaman akan situasi nyeri yang dihadapi, sehingga pemaknaan berangkat dari pengalaman masing-masing. Penerimaan bukan hanya pada level kognitif , namun mengenali apa yang dirasakan dan disadari tanpa terbelenggu oleh emosi dan pikiran-pikiran yang melabeli diri dalam memaknai nyeri sebagai sensasi dan resonansi apa adanya pada organ tubuh.

“Setiap proses penyembuhan penyakit dipengaruhi oleh tindakan dari keadaan mental, dari harapan, iman dan imajinasi pasien”, demikian tertulis dalam buku Body & Mind, William Walker Atkinson, yang turut menjadi bagian dari proses pembelajaran yang memperkaya pemaknaan Mindfulness. Lebih jauh dalam tulisan juga dikatakan “Setiap sel diberkahi pengetahuan secara naluriah atau intuitif, dengan kata lain makhluk hidup diberkahi pengetahuian intuitif bersadarkan hukum keberadaan mereka sendiri”. Pernyataan tersebut saya maknai sebagai “Kecerdasan Sel”.  Pikiran dan ekspresi emosi yang membelenggu diri dengan label-label penghakiman, seringkali berdampak terhadap proses penyembuhan di dalam diri. Di sinilah peran kesadaran untuk diri merasa apa adanya, sensasi yang dirasakan dan disadari diterima sebagaimana apa adanya sensasi tanpa ditimpali oleh label penghakiman terhadap sensasi yang dirasakan.

Dalam kegiatan Women Discussion di Ruang Belajar meRasa_Mindful, yang kali ini mengajak teman-teman dari komunitas Indonesian Endometriosis Community dan teman-teman lainnya, untuk bersama berlatih Body Scan. Latihan mengenali seluruh tubuh apa adanya, juga sebagai makna bagaimana diri menyapa diri sendiri. Tubuh yang seringkali terabaikan, kurang mendapat perhatian dan pengertian, belum lagi pikiran dan emosi yang membelenggu yang lebih sering menjadikan stress atau tekanan yang menekan baik dari luar maupun dalam diri, sehingga menyebabkan ketegangan di dalam sel-sel tubuh dan berpotensi menimbulkan permasalahan gangguan terhadap kesehatan diri, yang dapat ditandai dengan hadirnya rasa nyeri.

Di akhir kegiatan, meditasi harmonious present, bersama membuka ruang kesadaran diri untuk hadir utuh pada momen demi momen, menyelaras diri dengan diri, kehadiran yang harmoni. Senyum mengembang dan kebersamaan dalam kehadiran yang utuh menjadi suasana belajar bersama di hari minggu nan cerah.

Terima kasih atas kehadiran, terima kasih atas kebersamaan. Bersama diri untuk hadir, menyelaras, belajar diri bisa merasa, bukan merasa bisa. Terima kasih atas dukungan yang diberikan, menjadi kasih sayang mewarnai diskusi bersama kali ini.

Salam,

#infoevent
#belajarmerasa_mindful
#womendiscussion

Related artikel

https://eniwidia.wordpress.com/2018/02/02/you-are-not-your-pain/

https://endometriosiscare.wordpress.com/2015/08/26/mind-body/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s