COACHING PRESENCING , Kehadiran yang membuka gerbang kesadaran

Arguments always begin with an answer in mind.  Conversations begin with a question.
– unknown – ( Mindfulness quote )

coaching presencing

Coaching, metodologi komunikasi ke dalam dan keluar diri yang membangun kesadaran diri. Tentang siapa diri, dimana diri, dan mau kemana diri. Dialog yang mengalir membuka kesadaran coach dan coachee, dalam kesetaraan manusia dengan manusia.

Refleksi diri dalam setiap kehadiran sesi demi sesi dalam coaching, membuka mata hati dan pikiran akan kehadiran manusia dalam membangun kehidupan. Kesediaan untuk terbuka_open & honest, kesediaan untuk hadir_presence, kesediaan mendengar_listen to, tanpa penilaian_no judgment, penghargaan terhadap diri_respect full, membuka kesadaran_creating awareness.

Coaching :

Komunikasi yang lebih banyak mendengarkan dan bertanya,  yang memungkinkan seseorang mendapatkan kesadaran dan mengidentifikasi potensi diri, untuk bergerak maju dan apa tindakan yang benar-benar akan dilakukan untuk bergerak majuNatalie Ashdown

Coach, profesi yang  memfasilitasi seseorang ( coachee / client ) dalam mengenali kesadaran_awareness akan diri coachee, tentang apa sesungguhnya yang menjadi keinginan murni dirinya. Komunikasi yang diwarnai pertanyaan tentang apa_what, siapa_who, bagaimana_how, dan sederet pertanyaan terbuka lainnya yang disampaikan oleh seorang coach kepada coachee.  Pertanyaan yang tidak hanya diberikan untuk memperoleh jawaban pada diri coachee sendiri, namun untuk menggali makna tentang apa yang menjadi pemikiran coachee, membuka makna diri tentang apa yang menjadi keinginan coachee, yang akan memberikan landasan dan motivasi untuk membuat coachee bergerak maju, sehingga kesadaran tidak hanya berhenti pada pemahaman diri, namun juga wujud nyata dalam memaknai kehidupan pada diri coachee.

Percakapan pada sesi coaching sesungguhnya merupakan komunikasi internal diri coachee yang difasilitasi oleh pertanyaan-pertanyaan seorang coach, yang menggali dan membuka kesadaran coachee. Pertanyaan yang dilandasi oleh kehadiran dan kemampuan merasa dari seorang coach, yang menyadari kehadiran diri coachee, yang terpancar dari gasture, ekspresi emosi , tarikan nafas, tatapan mata, perhatian dan jawaban yang disampaikan oleh coachee.  Percakapan yang dirasakan sebagai kehadiran, perhatian dan pemahaman yang diberikan oleh coach kepada coachee.

Coaching presencing, sebuah sesi coaching yang hadir merasa baik coach maupun coachee , membangun keterhubungan diri coach dengan dirinya dan coach dengan coachee.  Sesi coaching yang difasilitasi oleh coach yang hadir penuh merasa, kehadiran rasa penghargaan terhadap dirinya sendiri, memberikan kehadiran untuk coachee, menghargai dan menghormati  kesediaan coachee  untuk memahami diri coachee sendiri,  merasakan kehadiran beragam rasa yang terpancar dari diri coachee, menerima apa adanya rasa, memberikan pertanyaan terbuka yang membuka kesadaran diri untuk menerima diri apa adanya, siapa diri, dimana diri dan mau kemana diri.

Coaching presencing, sebuah sesi coaching yang dibangun atas dasar kehadiran penuh _ presence dan mampu merasa_ sensing.   Rasa yang diterima sebagai suatu kehadiran yang berupa sensasi fisik_ Physical sensasion ( sense atau rasa yang ditangkap oleh seluruh panca indera ) dan sensasi non fisik_non physical sensation (  pikiran_thought, ekspresi emosi_feeling, dan lain-lain_others ).  Sesi coaching yang difasilitasi tidak hanya dalam kemampuan dan  pemahaman teknis dari metodologi coaching, namun juga pada tingkat kesadaran diri yang mampu merasakan momen demi momen_ fully awake moment by moment  (mindfulness).

Selamat menikmati sesi coaching.

Salam,

#belajarmerasa_mindful

#belajarcoaching_presencing

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s