PERHATIAN, Membangun keselarasan untuk harmoni

“Aligned with universal intellegence, that orchestates everything”  ( dari bacaan dalam materi pelatihan MBSR, Mindfulness-Based Stress Reduction )

perhatianMungkin kita pernah mengamati, dua kata ini:
Perhatian
Hati-Hati

Ucapan  Perhatian,  adalah permintaan kepada seseorang untuk memberikan atensi dengan sepenuh hati, agar menyerap apa yang dipersembahkan dengan atensi yang sadar penuh dan hadir utuh

Ucapan  Hati-Hati,  adalah doa kepada seseorang untuk menjalani setiap aktivitas dengan hati yang tertuang dalam kesadaran setiap gerakan serta yang terjadi di sekelilingnya

Begitu pesan di Whatsaap (WA)  Group, dari kawan baik, jadi perenungan pagi  yang seakan terhubung dengan sebuah quote indah yang berbicara tentang keselarasan.

Perkembangan dunia saat ini  demikian pesat, didukung kemajuan teknologi yang memberikan kemudahan bagi kebutuhan manusia untuk saling terhubung , tidak terbatas oleh ruang dan waktu.  Jarak tidak ada lagi menjadi hambatan dalam menjalin hubungan. Namun demikian,  teknologi hanyalah sebagai alat bantu,  tools,  yang memberikan kemudahan, kehendak  manusialah yang menjalin keterhubungan dirinya dengan orang lain.

Perhatian sebagaimana kawan baik berkata,  pemberian atensi dengan sepenuh hati sebagai doa kepada yang lain untuk menjalani setiap aktivitas dengan hati yang tertuang dalam kesadaran setiap gerakan serta yang terjadi di sekelilingnya,  memberikan makna akan ketulusan yang menghadirkan  keterhubungan diri dengan orang lain. Sebuah keterhubungan yang terjalin dalam laku hidup sehari-hari dengan apa adanya diri. Bukan dengan materi atau bentuk lain yang berasal dari luar diri.  Keterhubungan yang berasal dari diri dengan diri lainnya, yang diberikan Sang Pencipta dalam menghadirkan kehidupan manusia.

Keterhubungan yang didasari oleh apa adanya diri, membangun hidup penuh makna, menjadi bentuk perkembangan diri, self development, yang selaras antara diri dengan diri, diri dengan orang lain dan diri dengan semesta.

Selamat memberikan perhatian

Salam,

Self reflection

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s