SELF DEVELOPMENT , Landasan diri membangun kerjasama

Self development is taking steps to better yourself,  to make you move with others.

Self Development , pengembangan internal diri, sebagai program pengembangan intrapersonal yang berkelanjutan, continous learning,  dimulai dari dalam diri yang memahami cara pandang dan penerimanaan diri sehingga dapat mempengaruhi upaya membangun hubungan dengan orang lain dan semesta

self-developmentSejatinya manusia adalah makhluk pembelajar alami, yang memiliki akal pikiran dan nurani. Pemahaman bahwa segala sesuatu dapat dimulai dari dalam diri, membawa kesadaran dan tanggungjawab terhadap diri untuk melihat ke dalam, mengenali karakteristik diri dan menggali potensi yang dapat dikembangkan untuk membangun kehidupannya

Pengembangan internal diri, diawali dengan pengenalan siapa diri, mau kemana diri, serta dimana diri saat ini.  Kesadaran  untuk memahami diri selanjutnya dikembangkan dengan upaya penerimaan diri, yang mencakup keadaan diri secara menyeluruh tanpa menghakimi diri sendiri,  non-judgmental. Hal ini diperlukan untuk memahami secara jernih, nilai dan kekuatan diri (potensi personal, minat dan karakteristik). Pemahaman secara jernih merupakan upaya pembersihan dari label-label diri yang melekat akibat cara pandang dan penerimaan diri yang dipengaruhi oleh sikap dan respon diri terhadap pengaruh dari luar diri selama perjalanan hidupnya ( pengaruh keluarga, penerimaan masyarakat, lingkungan pendidikan maupun ragam informasi luar yang memberikan label diri tanpa kompromi dengan internal diri ).

Kemauan diri untuk berkembang sesuai karakteristik diri sejati akan menjadi modal utama energi pendorong internal diri yang membuat diri yang bersangkutan menjadi tidak mengenal lelah, pantang menyerah dan bersedia melakukan dengan sebaik-baiknya dalam menjalani proses pengembangan diri yang merupakan proses berkelanjutan tanpa batas waktu selama kehidupannya. Pada situasi seperti ini, diperlukan langkah-langkah pencapaian realistis, sebagai anak tangga yang dapat dilewati untuk mencapai unvisible purpose, visi hidup yang ditemui dengan perjalanan waktu, melalui proses pendewasaan diri.   Tanpa dukungan anak tangga yang mampu dicapai setahap demi setahap, hanya akan menimbulkan kondisi  frustasi diri yang menyebabkan diri menjadi demotivasi.  Keberadaan anak tangga juga menjadi cermin diri dalam melakukan evaluasi dan mengembangkan rasa syukur terhadap pencapaian atau perubahan kecil yang dicapai, sekaligus bentuk penghargaan terhadap diri, untuk kemudian menjadi energi penambah semangat dalam menjalani proses pengembangan yang berkelanjutan.

Manusia dilahirkan dengan segala keterbatasan. Manusia tidak dilahirkan dengan kekuatan super yang serta merta mampu mengendalikan alam semesta, meski dipahami alam semesta diciptakan untuk menopang kehidupan manusia. Proses pembelajaran yang terus menerus dalam evolusi kehidupan manusia hingga akhirnya berkembang berbagai teknologi dalam memberdayakan alam semesta bagi kehidupan manusia , seakan meng-amin-i, pemahaman manusia sebagai makhluk yang sempurna.  Dalam keterbatasannya manusia,  limited being,  mampu bergerak menjadi tidak terbatas, unlimeted being.

Selanjutnya kerjasama merupakan hal yang tidak dapat ditawar dalam mengembangkan kehidupan.  Besar kecilnya suatu kerjasama, hanyalah  sudut pandang fungsi dan peranan dalam membangun kerjasama itu sendiri. Sekecil apapun peran, tetap merupakan suatu kontribusi yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu tujuan pencapaian.  Kesadaran manusia terhadap perlunya kerjasama sebagai tahap proses lanjutan dari pengembangan internal diri, self development. akan membawa pada sikap diri dalam membangun kerjasama itu sendiri.  Selanjutnya proses keselarasan , alignment,  dalam membangun kerjasama sekaligus menjadi motor penggerak bagi diri dalam mengembangkan internal diri yang berkelanjutan.

Salam,

Self Reflection

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s