SELF-UNDERSTANDING, upaya membangun hubungan diri dengan diri sendiri, diri dengan orang lain dan diri dengan alam semesta.

Self Understanding, human have the ability to reconstruct self-understanding, and ability expressed in their self-narratives.

reflection-dialog-diriBelajar dari refleksi seorang  teman baik, … “Maka cukuplah setiap tulisan sebuah cerminan untuk pribadi. Ia tidak mampu menjawab pemahaman pribadi lain dan kebenaran absolut yang semata milik Illahi”

Saya setuju, …

Tulisan berikut sekedar menumpahkan isi kepala dan desakan hati, sebagai sebuah refleksi diri dari banyak pembelajaran makna hidup, baik dari pengalaman diri maupun perhatian serta pertemuan dengan banyak orang lain, berharap untuk dapat terus belajar dan menjalani proses pengembangan diri.

Dalam upaya membangun hubungan dengan orang lain, apakah anak, orang tua, pasangan hidup, teman, maupun masyarakat secara umum, membutuhkan sikap saling menghormati, menghargai satu dengan yang lain, menyadari bahwa tiap-tiap pribadi memiliki keinginan dan karakter pribadi masing-masing, sehingga berbagai upaya dilakukan untuk bisa memahami dan mengerti orang lain, apa yang  diinginkan, apa yang menjadi kesukaan. Seringkali saat diri merasa sudah cukup banyak berusaha untuk memahami dan mengupayakan hubungan dengan baik, hasil tidak sesuai dengan yang diharapkan. Rasa kecewa mulai menyerang,  perlahan dan semakin lama motivasi dan energi dalam diri semakin menurun dan bahkan hilang. Bisa terbayang apabila hal ini terjadi pada lingkup keluarga, pekerjaan, atau bahkan sosial bermasyarakat. Perasaan bahwa anak-anak atau pasangan tidak memiliki pengertian atau merasa tidak cukup menyayangi, teman yang dianggap egois, hingga menyalahkan situasi yang terjadi di masyarakat.

Upaya membangun hubungan dengan orang lain, tidak dimulai dengan sibuk  tentang orang lain, atau pun bagaimana orang akan menilai diri, meskipun hal tersebut kemudian bisa jadi diperlukan, namun hal pertama yang dibangun adalah hubungan dengan diri sendiri terlebih dahulu. Seberapa diri memahami diri sendiri, bagaimana kemudian diri berdamai dengan diri sendiri, bagaimana diri mampu menghargai dan menghormati diri sendiri. Hubungan diri dengan diri sendiri yang harmonis akan tercermin dalam membangun hubungan dengan orang lain bahkan kemampuan membangun hubungan dengan alam semesta.

Self- understanding,

Bagaimana pemahaman diri terhadap diri sendiri ? Sifat, kebiasaan atau perilaku diri, apa yang disukai,  apa yang tidak disukai. Bagaimana diri dalam mengambil keputusan, bagaimana sikap diri terhadap keinginan-keinginan, bagaimana diri dalam melakukan setiap kegiatan, serta bagaimana diri dalam mengatur kegiatan tersebut. Manakala proses pengenalan terhadap diri telah dilakukan, apakah diri mengakui akan siapa  diri yang sebenarnya dan bagaimana diri yang sebenarnya, seberapa jujur diri terhadap sikap diri sendiri ?  Manakala pengakuan diri telah tercapai , apakah diri bersedia menerima diri yang saat ini, baik sikap, kebiasaan atau perilaku yang telah dikenali dan diakuinya tersebut.

Pengenalan diri yang telah sampai pada penerimaan akan diri saat ini, bukan merupakan  proses yang berhenti.  Manusia memiliki kemampuan untuk merekonstruksi pemahaman diri dan kemampuan membentuk identitas diri.  Di sinilah proses pemahaman diri membutuhkan pengertian bahwa diri  mampu berproses. Manakala pilihan untuk menjalani proses pengembangan diri dilakukan, maka kesabaran dan pengertian terhadap diri  sangat dibutuhkan. Manusia adalah makhluk pembelajar sejati, lihat bagaimana manusia lahir, tumbuh dan berkembang.  Selanjutnya keputusan diri dan komitmen untuk bagaimana manusia mau membangun diri dalam menjalani kehidupan.

Hubungan diri dengan diri yang dibangun dengan harmonis, dilandasi dengan kesadaran akan diri, bagaimana diri mengenali diri, kesabaran dan pengertian terhadap diri yang berproses, akan tercermin pada pola hubungan yang dibangun terhadap orang lain dan alam semesta.  Demikian pula sebaliknya, manakala harmonisasi dibangun dalam upaya hubungan dengan orang lain dan alam semesta,  akan memberikan dampak pemahaman antar satu dengan yang lainnya.

Selamat memahami diri,…

Salam

Self Refelction

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s