FOLLOWERSHIP, Sisi bagian yang berkontribusi besar mewujudkan keberhasilan organisasi

Menarik, mengikuti kelas Weekend,  Asosiasi Profesional Coach Loop Indonesia (APCLI) kali ini.  Pemberi materi  adalah  Dr Maria Eko Sulistyowati, MM.  Seorang Psikolog ,  LCPC, Peneliti, Pengajar dan seorang Kenshi.  Materi yang memberi pencerahan membangun kebijaksanaan dalam upaya mewujudkan keberhasilan organisasi. Kelas yang dilaksanakan pada Sabtu, 03 Desember 2016.

Follower, sebuah kata yang saat ini tidak asing lagi,  apalagi dengan pesatnya perkembangan sosial media. Follower adalah pengikut, dalam perusahaan atau organisasi,  follower adalah anggota yang dipimpin oleh leader.

04

Why We Follow ?  Demikian Dr Maria Eko, mengawali materi secara apik.  “Menjadi pengikut” merupakan pola alami , ingin belajar, ingin aman, dan beberapa alasan yang bisa dipahami mengapa seseorang menjadi pengikut. Kejelian beliau membidik kontribusi besar dalam upaya mewujudkan keberhasilan suatu organisasi. Dipahami bahwa dalam suatu perusahaan atau organisasi pada umumnya, jumlah anggota lebih banyak dari jumlah pemimpin, dan “Keberhasilan organisasi 20% merupakan peran pemimpin dan 80% merupakan peran anggota (Kelly, 1992).  Namun coba tengok, berbagai konsentrasi atau pelatihan yang dilakukan lebih banyak bertema leadership, dibandingkan yang membahas followership. Dan ternyata kontribusi peran 80%  ini dapat dioptimalkan dengan membangun kompetensi dan peran aktif  follower.

Berbicara tentang  followership, maka berbicara tentang role (aturan), not a person ( bukan orang ).  Followership ,   Kepengikutan diartikan sebagai kemampuan individu untuk secara kompeten dan proaktif menjalankan instruksi serta mendukung usaha atasan / pimpinan ( superior ) dalam mencapai tujuan organisasi (Agho, 2009).  Apakah ini berarti follower  asal mengikuti saja,  eiiit tunggu dulu, bukan itu maksudnya.  Kompeten dan proaktif, maksudnya sebagai  follower atau anggota tentunya memiliki kapasitas sebagai pelaksana yang biasanya lebih memahami di lapangan, maka anggota perlu secara proaktif dan bertanggungjawab menjaga dan mengupayakan agar kelangsungan kegiatan organisasi di area yang menjadi  kompetensinya benar-benar berjalan dengan baik.  Sebagai anggota, membantu pimpinan dalam memberikan dukungan berupa kejelasan informasi yang dibutuhkan pimpinan dalam mengambil keputusan yang benar. Dan sebagai anggota membangun kompetensi yang dibutuhkan dan berkontribusi secara aktif dalam pelaksanaan kegiatan organisasi.  Jadi anggota juga turut bertanggungjawab dan berperan aktif dalam keberhasilan organisasi.

Kualitas follower yang efektif yaitu memiliki kemampuan mengelola diri, berkomitmen untuk kebaikan yang lebih besar,  kompeten dan fokus, berani, dapat dipercaya  serta menjaga kehormatan.  Dengan belajar menjadi good follower dan belajar dari leader, kita akan mampu memimpin diri dengan lebih baik dan menjadi yakin untuk berusaha mencapai misi atau tugas yang diberikan.

Judul materi yang dibawakan pada kelas Weekend tersebut terasa tepat ,  Followership : Preparing the next leader.  Pemimpin yang hebat, dimulai dengan perannya sebagai pengikut yang hebat.  Dan Pemimpin yang terbaik , mengetahui bagaimana dan  kapan waktunya mengikuti.  Dengan demikian, apakah followership merupakan lawan atau opposite dari leadership ? Hmmmm, .. Followership merupakan bagian dari ilmu Leadership, namun dari engle atau sudut pandang yang berbeda, bukankah ini berarti melengkapi. Dan di dalam keseharian kita bahkan berada di dua peran tersebut bukan ?

“Leader make a dream, Followers make a dream come true”

Selamat menjadi follower yang kompeten dan proaktif.

Salam,

Event Review

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s