Pengenalan diri melalui komponen pembentuk manusia

reflection-komponen-diriMenarik menyimak penjelasan pakar holistik indonesia, Reza Gunawan yang memaparkan  sehat secara holistik yang mencakup seluruh  komponen pembentuk manusia, serta pemahaman mengenai benang merah dari  self healing  yang terdapat diberbagai macam metoda penyembuhan diri.  Pemaparan ini juga  memberikan pemahaman mengenai pengenalan diri.

Pengenalan diri melalui komponen pembentuk manusia apabila dipahami secara menyeluruh dapat membantu proses penerimaan diri secara pikiran (pengetahuan) dan rasa .  Mengenal tiap-tiap komponen pembentuk manusia melalui proses merasakan secara bertahap akan menjalin komunikasi internal dalam diri manusia.

Komponen pembentuk manusia, sebagaimana yang dipaparkan oleh Reza Gunawan , mencakup 4 komponen, yaitu :

  • Komponen ke-1.  Diri sejati, pada umumnya orang memahami sebagai spirit atau ruh. Diri sejati berada di inti kehidupan manusia, yang selalu terhubung dengan Sang Pencipta.
  • Komponen ke-2. Batin,  berisi berbagai pikiran dan perasaan-perasaan, baik yang disadari maupun yang tidak disadari, atau yang disebut disimpan di gudang bawah sadar. Pikiran dan perasaan-perasaan , atau batin ini, dipengaruhi oleh setiap pengalaman hidup yang dialaminya.  Pengalaman masa kecil, saat diasuh oleh orang tua, saat bersekolah, berteman, menjalin hubungan cinta,  berkarir. Setiap aktifitas dan pengalaman hidup kita saling mempengaruhi dan dipengaruhi oleh isi batin kita. Batin bisa dalam keadaan sehat, bisa juga dalam keadaan tidak sehat.
  • Komponen ke-3 Energi, umumnya jarang dipahami secara menyeluruh. Manusia bisa hidup karena adanya energi atau daya hidup, DI China dikenal dengan sebutan CHI. Daya hidup mempunyai sifat elektromagnetik. Daya hidup mengalir di seluruh diri kita, dan mengalir mengikuti pola tertentu. Secara umum ada 3 pola sirkuit energi yang ada di dalam diri kita, yaitu :
  1. Meridian, yaitu jalur-jalur energi ( dianalogikan sebagai kabel-kabel listrik ). Yang setiap saat mengantarkan energi ke seluruh tubuh kita, ke setiap organ. Jalur-jalur energi inilah yang umumnya digunakan dalam ilmu akupuntur atau aqupresure untuk melancarkan daya hidupnya. Meridian adalah jalur-jalur daya hidup, kabel listrik tidak kasat mata, tetapi sudah dibuktikan keberadaannya secara ilmiah dan senantiasa menghantarkan ke seluruh bagian tubuh  kita di dalam tubuh kita.
  2. Cakra, pusat-pusat energi. Kalau meridian dianalogikan sebagai kabel-kabel listrik, maka cakra adalah gardu listrik. Ada 7 cakra utama di dalam tubuh, dari ujung tulang ekor, di depan organ kelamin, di ulu hati, di tengah dada, di tenggorokan , dimata ketiga dan di puncak kepala. Letaknya berdekatan dengan kelenjar-kelenjar utama di tubuh fisik kita. Tetapi cakra bukanlah kelenjar itu sendiri. Dia adalah pusat-pusat energi yang mengatur keseimbangan organ di sekitarnya , tetapi juga merupakan arsip yang bersifat energi yang mencatat bagaimana kita menggunakan energi kita dalam kehidupan. Ada cakra yang mecatat energi kita dalam relasi pribadi, ada cakra yang merekam khusus bagaimana kita mengekspresikan diri kita jujur total dalam sehari-hari. Dan ada cakra yang berkaitan dengan intuisi, ada cakra yang mengkoneksikan setiap saat dengan kehadiran Sang Pencipta, apapun keyakinan anda. Setiap cakra punya kekhususannya masing-masing.
  3. Aura, yaitu medan energi yang memancar keluar dari tubuh anda, dan dia berkomunikasi dengan energi di sekitarnya. Umpamanya anda bertemu dengan seseorang dan anda merasa nyambung sekali dengan dia, atau belum terlalu kenal tapi kok tidak suka sama sekali. Bisa jadi diluar dari tubuh kita , dari kata-kata yang dipercakapkan , barangkali energi anda dengan energi dia mengalami kesesuaian atau ketidaksesuaian. Ini realita komunikasi yang juga diperhitungkan, tidak hanya sekedar kita bicara apa dan seberapa serasi energi kita satu sama lain
  • Komponen ke-4.  Tubuh,  Bentuk yang paling kecil berupa sel, kemudian menjadi jaringan, dan menjadi organ, dan dari organ terbentuklah apa yang disebut sistem fisiologis.  Ada sistem fisiologi untuk pernafasan,  peredaran darah, kelenjar, pencernaan, reproduksi, saraf, pembuangan dan sebagainya.  Sistem-sistem tubuh inilah yang paling dipelajari oleh kedokteran modern. Namun demikian,  kembali pada konsep awal, yaitu holistik, maka apabila kita ingin memahami manusia secara menyeluruh maka tidak bisa melihat salah satu sistem saja, atau salah satu komponen saja.  Kita harus melihat bagaimana diri mempengaruhi batin, energi dan tubuh. Inilah yang disebut melihat secara lengkap, holistik, hanya dengan melihat gambaran lengkap , maka kita bisa memperoleh pemahaman dan solusi yang lengkap juga.  Dunia kedokteran modern, sudah mulai menuju ke arah sana. Ada Istilah yang namanya PNEI, yaitu :  P (Psiko atau batin ), N (Neuro, sistem saraf),  E ( Endokrino, sistem kelenjar dan hormon ), I (Imuno , daya tahan tubuh ). PNEI artinya ketika Psiko (batin) tidak selaras, dia akan seketika mempengaruhi mata rantai berikutnya, yaitu saraf, kelenjar dan daya tahan tubuh. Tetapi PNEI ini belum melihat secara lengkap dan menyeluruh. Kita harus memperhitungkan secara lengkap : Diri, batin , energi, dan tubuh. Pahami semuanya, rawat dan itulah yang disebut sehat secara holistik. Bukan sekedar tidak ada keluhan , tetapi keselarasan yang menyeluruh secara internal antara manusia di dalam dirinya dengan alam disekitarnya.

Proses merasakan secara bertahap, ingat merasakan bukan memikirkan,  akan memberikan diri kemampuan berkomunikasi di dalam diri. Proses yang benar akan meningkatkan self awareness baik secara mikro ( ke dalam diri ) dan makro diluar diri, tidak hanya sesama manusia, namun juga mencakup seluruh makhluk dan alam semesta secara menyeluruh. Kebijaksanaan adalah kunci dalam mencapai pengenalan diri sejati.

Selamat mengenali diri.

Salam,

Self Reflection

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s